Definisi Warna

Warna Primer
Merupakan warna dasar yang tidak merupakan campuran dari warna-warna lain. 
Warna yang termasuk dalam golongan warna primer adalah merah, biru, dan kuning.

Warna Sekunder
Merupakan hasil pencampuran warna-warna primer dengan proporsi 1:1. 
Misalnya warna jingga merupakan hasil campuran warna merah dengan kuning, hijau adalah campuran biru dan kuning, dan ungu adalah campuran merah dan biru.

Warna Tersier
Merupakan campuran salah satu warna primer dengan salah satu warna sekunder. Misalnya warna jingga kekuningan didapat dari pencampuran warna kuning dan jingga. Warna coklat merupakan campuran dari ketiga warna merah, kuning dan biru.

Teori Brewster 
adalah teori yang menyederhanakan warna yang ada di alam menjadi 4 kelompok warna. Keempat kelompok warna tersebut, yaitu: warna primer, sekunder, tersier, dan warna netral. Teori ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1831. 
Kelompok warna ini sering disusun dalam lingkaran warna brewster. Lingkaran warna brewster mampu menjelaskan teori kontras warna (komplementer), split komplementer, triad, dan tetrad.



Color Wheel  
merupakan teori dasar warna yang digambarkan dalam bentuk lingkaran (roda). Terdiri dari tiga warna dasar, yaitu merah, biru, dan kuning. Selanjutnya, kombinasi dari tiga warna dasar (merah, biru, dan kuning) melahirkan warna-warna baru berupa warna sekunder.
Warna sekunder terdiri dari Oranye, Ungu dan Hijau. Kombinasi antara warna sekunder dengan warna dasar (primer) melahirkan warna-warna lainnya berupa warna tersier.
Warna tersier terdiri dari : kuning-oranye, kuning-hijau, biru-hijau, biru-ungu, merah-ungu, dan merah-oranye. Akhirnya, warna-warna tersebut kemudian digambarkan berupa sebuah lingkaran warna yang kita kenal sekarang dengan istilah Color Wheel.

Warna Monochromatic 
merupakan perpaduan beberapa warna yang bersumber dari satu warna dengan nilai dan intensitas yang berbeda. Misal : hijau jika dikombinasikan dengan warna hijau dengan nilai dan intensitas yang berbeda akan menciptakan suatu perpaduan yang harmonis dan menciptakan kesatuan yang utuh pada desain.

Warna Polychromatic 
artinya beberapa warna yang digradasikan sampai putih.achromatic artinya pergerakan warna dari hitam ke putih. saturation artinya pergerakan warna dari satu warna ke warna lainnya.
Warna Analogus 
merupakan kombinasi dari warna-warna terdekat. Misal : warna merah akan serasi dengan warna oranye, dan oranye akan terlihat harmonis dengan warna kuning. Begitu juga jika kuning dipadukan dengan hijau atau biru jika dipadukan dengan ungu, dan ungu jika dikombinasikan dengan pink. Warna analogus adalah warna yang berdekatan karena mempunyai unsur warna yang sama.
Contohnya :
1. Merah dan Jingga (orenge), karena jingga terbentuk dari warna merah dan kuning
2. Biru dan Ungu, karena ungu terbentuk dari warna biru dan merah















Leave a Reply